Cara Mempercepat Koneksi Smart

meski Smart sekarang sudah lumayan waras, ada trik dan cara2 lanjutan agar Smart yang sudah waras menjadi lebih kenceng koneksinya.

Langkah ini hanya digunakan untuk Smart yang koneksinya sedang waras dan setidak2nya setengah waras. Dan langkah ini tidak berlaku ketika Smart tidak waras.

Karena meskipun berusaha setengah mati untuk mempercepat koneksi Smart, namun jika koneksinya tidak waras apa gunanya. Saya teringat bahwa saya mempunyai akun di OpenDNS, sebuah perusahaan jasa penyedia DNS gratis yang bisa diandalkan kualitasnya.

Akun yang telah saya buat lebih dari satu setengah tahun itu akhirnya saya tinggalkan dan saya memilih untuk membuat akun baru di OpenDNS. Dan ternyata setelah saya menggunakan OpenDNS, kecepatan menjadi lebih cepat dan stabil jika dibandingkan ketika saya menggunakan settingan default dari Operator Smart.

Sebelum mendaftar pastikan DNS modem anda sudah diset dengan parameter DNS dari OpenDNS yaitu DNS1: 208.67.222.222 dan DNS2: 208.67.220.220. Caranya adalah dengan masuk ke Control Panel kemudian pilih Phone and Modems Options. Pilih Modems dan kemudian pilih properties dari VIA Telecom CBP USB Modem. Setelah itu pilih saja Networking. Dan pada pilihan Internet Protocol (TCP/IP), klik saja properties. Pada opsi IP Address, biarkan saja pilihan di Obtain an IP address automatically. Dan pada opsi DNS, pilih opsi use the following DNS server addresses. Kemudian isi Preferred DNS Address dengan 208.67.222.222 dan pada kotak Alternate DNS server, isi dengan 208.67.220.220. Kemudian klik OK.

Setelah itu barulah masuk ke alamat http://www.opendns.com/. Ikuti langkah registrasi sesuai dengan kategori komputer anda. Apakah sebagai Home PC, Router, atau Server. Setelah selesai, confirmation email akan dikirim ke email anda sesuai dengan alamat email pada saat registrasi akun anda. Setelah masalah konfirmasi telah selesai. Barulah kita setting akun kita di OpenDNS. Yang pertamakali kita lakukan adalah melakukan setting IP address kita. Jadi OpenDNS hanya akan bekerja jika IP address kita telah terdaftar. Jika IP address kita belum terdaftar maka meskipun DNS kita sudah kita set sesuai dengan parameter OpenDNS, hal ini tidak akan memberikan efek apapun. Jadi jika kita yang berinternetan menggunakan kartu GSM ataupun CDMA dan sering ganti2 nomor, tentunya hal ini akan merepotkan juga. Karena setiap kali kita ganti nomor, maka kita harus registrasi IP kita di network OpenDNS. Untuk registrasi IP address, kita msuk saja ke menu Networks. Disana kita akan terlihat IP address yang kita gunakan. Klik saja Add this Network. Langkah yang sama kita lakukan jika IP address kita berbeda dari yang sebelumnya kita gunakan dan belum di registrasi di Open DNS. Setelah sukses, kita dapat mensetting kemanan dari koneksi yang kita gunakan, seperti memblokir situs2 porno, situs2 mana saja yang mengandung worms, spyware, dll. Jadi selain mempercepat koneksi, OpenDNS juga berfungsi sebagai pengaman.

Bagaimana jika kita sewaktu2 tidak ingin menggunakan OpenDNS lagi? Mudah saja, tinggal masuk saja ke Control Panel kemudian pilih Phone and Modems Options. Pilih Modems dan kemudian pilih properties dari VIA Telecom CBP USB Modem. Setelah itu pilih saja Networking. Dan pada pilihan Internet Protocol (TCP/IP), klik saja properties. Pada opsi DNS, pilih saja opsi Obtain DNS server address automatically. Selesai kan, kita nggak usah susah payah untuk menghapus IP address kita di akun OpenDNS. Selamat mencoba mendapatkan akses yang semakin cepat dengan koneksi data gratisan.

About these ads

24 Responses

  1. siiiip….
    memang kalo pake smrart gratisan 3 bulan ini lambat banget, kalo saya lebih cenderung pake opera turbo lumayan untuk koneksi lambat….n tips saudara dgn open DNS siap saya praktekkan….trims ya

    fikri

  2. Sekarang smartku tambah wuzzzz…..
    Beberapa trik yg saya gunakan:
    1. Update driver smart: ViaUsb_Setup1.3.16alpha
    2. user name : wap / password : wap / dial-number : *31*11111#
    3. Perpanjang Kabel USB menggunakan kabel UTP 8 m. ke atas
    4. Windows 7 RC Build 7100 set ke Bandwidth limit 0%
    5. SpeedConnect set ke Optimization Level
    6. Mnggunakan DNS Nawala (AWARI)
    7. Donlod pake IDM 5.17 set max.con= 2 untuk web pelit. ato full 16 tuk web murah.
    8. Google Chrome 1.0.154 set Default
    9. Ini yg terpenting, gunakan software SlipStream set ke maximum acceleration.
    Terbukti server SlipStream lebih cepat dan stabil drpada Onspeed/Nitro (keduanya masih menggunakan motor server dari SlipStream) ataupun server dr Opera Turbo. SlipStream bisa gratis koq, digoogling aja ya,… Dengan server SlipStream ini, membuka web hanya dalam hitungan detik saja, cara kerjanya mengkompres data yg kita load menjadi kecil, yg tadinya browser harus meload data sebesar 187kb (original data) sekarang menjadi 17kb (actual data) wow… 12X lebih cepat ???, contoh ini dibuktikan dengan membuka Web http://www.yahoo.com menggunakan hape smart d1200p pada siang hari (jam padat) sembari memeriksa proses Summary Statistics pd SlipStream.

  3. IP addressnya smart ap????

  4. bewww mantabb penjelasan nya bang,,

    tPi knPa yah kadang eRor kLo buka Facebook,
    mohon Penjelasan nya bang.
    kirim ke email ato ke fb saiia ya. itu email nya Rasyide_yup@yahoo.com

    • memang untuk facebook agak berat mas rasyid..
      coba deh pakai browser safari atau opera turbo…

      biasanya lumayan signifikan peningkatannya mas… :)

  5. kalo IPnya dynamic gimana caranya daftar OpenDNS , kan IP nya selalu beda sob, berarti daftar lagi dong, bener ga ya ?
    kebeneran lagi nyoba pake smart ni.

  6. makacih inponya ya, sangat bagus

  7. bos ana pake hp smart n ana dah daftar nih di open dns tpi lihat dns ana yg mana ya….mklum ana sedikit galtek aja…..

  8. thanx ka infonya…
    mudah mudahan blognya rame terus ya ka…????
    amin….
    hehehhehehe…….

  9. Kang, itu ping time nya msh gede, Msh kalah sm pnya Google.

    Mening Alternatif DNS yg lain, ini BARU persembahan dari GOOGLE lebih fast, safe, stabil(klaimnya spri itu).

    Primary : 8.8.8.8
    Secondary : 8.8.4.4

    Tp, cepet ganya ga bisa jamin, smua juga bs tergantung sinyal.

  10. bagi ilmu ah >>>

    cara lihat IP SMART di OPENDNS…
    daftar dulu..di opendns..
    udah gitu klik dashboard,
    nah setelah itu lihat di kanan atas…
    tulisannya : “YOUR IP :”
    tinggal di tulis deh di add network…

    sekian

  11. yah tak coba dulu mas mudahan kenceng larinya

  12. makasih mau coba juga ah..

  13. bagaimana set agar IP smart jadi statis soalnya ane ada ikut PTC sering IP nya koment nya dah di gunakan…thanks infonya

  14. bos tloong gmna craya bkin ip di dns qmsh blm sbgtu ngrti tlng di jelasin zaaaa………

  15. ada yang simple cuma pakai software CFosSpeed.v4.50.1457-Lz0 lumayan kecepatan naik 2x lipat

  16. ne ane bagi software untuk mempercepat koneksi internet..
    software ini FULL…
    smoga membantu…

    http://www.ziddu.com/download/15732803/cFosSpeedv4.25build1431FULL.rar.html

  17. hahahah…….. gila luh, ide gila… internetan jadi cepet. makasih ya bro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: