Tips memilih perlengkapan tidur bayi

Perlengkapan tidur bayi ialah salah satu perlengkapan bayi Agar bayi dapat tidur dengan nyenyak dan nyaman, perlengkapan tidur bayi harus dipilih dengan matang. Perlengkapan tidur seperti kasur,bantal, selimut dan lainnya haruslah memberikan kenyamanan dan aman bagi bayi

Berikut ini tips-tips yang dapat Anda gunakan sebelum membeli perlengkapan tidur bayi:

  • Bila ingin memakai boks bayi, pastikan tingkat keamanannya. Jangan memilih boks yang dapat dibuka dari bagian samping. Boks bayi model ini telah dilarang di Amerika karena banyak menyebabkan kecelakaan yang berujung pada kematian bayi.
  • Dalam memilih kasur bayi, pastikan pilihan Anda akan tahan lama dan tahan air. Saat ini sudah banyak tersedia kasur bayi dengan kualitas baik dan tahan air.
  • Jangan memilih kasur yang terlalu empuk, karena kasur bayi yang lebih kokoh akan baik untuk bayi, serta mengurangi resiko terkena SIDS atau sindrom penyebab kematian mendadak pada bayi. Untuk memastikan, tekan kasur saat Anda membelinya apakah kasur kembali ke bentuk semula dengan cepat. Kelihatannya kasur jenis ini tidak nyaman untuk ditiduri bayi, tapi tingkat keamanan tentu lebih penting bagi bayi Anda.
  • Pilih kelambu dengan panjang melebihi boks atau tempat tidur bayi.
  • Usahakan kelambu selalu tergantung di sisi boks atau tempat tidur bayi, caranya dengan menjepit kelambu ke bagian bawah boks atau tempat tidur untuk menghindari nyamuk masuk ke dalam boks bayi Anda.
  • Selimut bayi akan lebih baik jika berbahan katun yang dapat memberi kehangatan tapi tidak terlalu tebal sehingga bayi merasa nyaman.
  • Anda juga dapat menyesuaikan motif dan warna sesuai dengan jenis kelamin bayi Anda, apalagi banyak anak yang ‘terikat’ dengan selimutnya hingga berusia cukup besar.
  • Selimut bayi ada beberapa jenis, salah satunya selimut bertopi yang biasanya digunakan saat membawa bayi bepergian. Untuk selimut jenis ini jangan ragu untuk membeli yang berharga lebih mahal, terutama {ketika|Bila} Anda berencana menambah anak. Karena selimut ini dapat Anda pakai kembali.
  • Bandingkan harga pada beberapa toko online atau dengan harga di pasar/mal. Anda mungkin saja bisa menemukan perbedaan harga lumayan jauh Bila berbelanja online untuk perlengkapan tidur bayi.

dari acuan studi terakhir di Amerika, perlengkapan tidur bayi yang salah menjadi penyebab tingginya tingkat kematian mendadak bayi di saat tidur (SIDS). Bantal, guling dan selimut bayi menjadi faktor utamanya. Disarankan tidak menggunakan perlengkapan tidur terlalu banyak di sekitar boks atau tempat tidur bayi karena {bisa|dapat|akan} menganggu pernafasan bayi hingga bayi kemudian sesak napas karena kekurangan oksigen. Sebaiknya gunakan perlengkapan tidur bayi secukupnya dan dari bahan yang aman dan lembut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: